Senin, 26 Maret 2012

Awas Virus Berbahaya Di Facebook !!!



Semalam saya baru aja memperbaiki laptop yang systemnya ada crash, setelah beberapa kali saya perbaiki ternyata mau nggak mau laptop saya harus diinstal ulang dengan Sistem Operasi (OS) Windows 7. Setelah beberapa kali saya analisa, ternyata penyebab dari kerusakan laptop tersebut adalah virus.

Bahaya yang ditimbulkan oleh virus semakin lama semakin parah. Cara penyebaran dan infeksi virus juga bervariasi, bisa lewat CD/DVD, USB, maupun internet, bahkan bisa juga melalui situs-situs jejaring sosial.

Mari kita bahas sama-sama tentang virus yang ada di situs jejaring sosial, misalnya aja kita ambil contoh Facebook karena situs jejaring sosial ini sudah banyak sekali yang menggunakan. Di Facebook sendiri sudah ada banyak orang yang menaruh virus, salah satu caranya adalah dengan menggunakan chat yang berisi link.

Isi dari chat atau percakapan tersebut kadang aneh, secara otomatis ada pesan yang isinya menyuruh kita untuk membuka link yang ada di dalam chat tersebut. Biasanya virus yang ada di dalam link tersebut merupakan virus sejenis worm atau rootkit, yang memiliki nama virus Click1.
Yang lebih parah, virus Click1 ini meskipun masih baru, tapi udah punya puluhan varian. Banyak orang yang kena virus ini disebabkan karena virus ini masih baru, jadi belum semua antivirus bisa mendeteksinya. Bagi kita yang masih awam, ada baiknya kita lakukan tindakan pencegahan sebelum kita terinfeksi virus ini. Salah satu tindakan pencegahan yang paling mudah adalah jangan asal mengklik link yang ada dalam chat yang nggak jelas.
Karena seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin modern, berkembang pula tindakan kejahatan di dunia maya ini, baik berupa virus, worm, spam dan lainnya.





Reaksi: