Minggu, 25 Maret 2012

Kesalahan Diet yang Sering Terjadi Saat Akhir Pekan



Saat akhir pekan atau liburan, kebanyakan program diet yang sudah dijalankan menjadi gagal karena banyaknya godaan baik dari teman atau lingkungan sekitar. Setidaknya ada 4 kesalahan diet yang sering terjadi saat akhir pekan. Apa saja?

Liburan adalah waktu khusus untuk memanjakan diri. Namun bagi orang yang sedang menjalankan program diet, liburan adalah sebuah tantangan karena sering menjadi penghalang dan penyebab gagalnya diet.

Berikut beberapa kesalahan diet yang sering terjadi pada saat akhir pekan atau liburan, seperti dilansir Lifemojo, Sabtu (28/12/2012):

1. Melewatkan sarapan

Melewatkan sarapan sering dianggap sebagai taktik penurunan berat badan yang cukup efektif. Sayangnya, hal tersebut justru dapat merugikan tubuh. Jangan lewatkan sarapan, karena makan sesuatu setelah bangun tidur dapat meningkatkan metabolisme sebanyak 10 persen.

2. Makan dengan emosional

Saat liburan tak sedikit orang yang berpikir program diet juga libur, sehingga makan menjadi secara emosional dan gila-gilaan. Hindari cara makan ini bila Anda tidak ingin berat badan naik secara berlebihan setelah liburan.

3. Terlalu menahan diri

Saat liburan adalah saat yang sulit untuk menghindari godaan terutama yang berhubungan dengan makanan. Terlalu menahan diri hanya akan menyiksa diri Anda. Pendekatan yang lebih baik adalah makan makanan yang Anda sukai dengan porsi kecil.

4. Banyak mengkonsumsi minuman manis tinggi kalori

Minuman manis seperti soft drink, jus botolan, teh manis benar-benar dapat berkontribusi terhadap kenaikan berat badan. Cobalah perbanyak minum air putih dan kurangi asupan minuman manis, meski saat liburan.